Saturday, March 13, 2010

Mental Jalan Pintas

Amsal 11:3, 28:20

Abunawas dikenal sebagai tokoh yang cerdik dinegeri 1.001 malam. Suatu kali, Abunawas ingin berguru kepada ahli bela diri yang sangat tersohor di negeri tersebut. Maka, bertanyalah ia kepada sang guru, berapa banyak uang yang harus ia keluarkan sebagai biaya bergurunya ? Sang guru kemudian menjawab, "Untuk bulan pertama 100ribu, dan kemudian bulan-bulan berikutnya 20ribu." Merasa biaya tersebut sangat mahal, Abunawas tak kehilangan akal. Akhirnya, ia berkata, "Baiklah guru, saya mendaftar di perguruan ini. Tapi mulai belajarnya pada bulan kedua saja ya...."

Mungkin kita akan tersenyum geli melihat akal bulus si Abunawas demi mewujudkan niatnya. Apa pesan moral yang kita dapatkan melalui cerita klasik tersebut di atas ? Jangan pakai jalan pintas demi mewujudkan keinginan kita. Mau pandai tapi tidak mau bayar. Mau pintar tapi tidak mau belajar. Mau sukses tapi tidak mau bekerja. Mau kaya tapi menghalalkan segala cara. Mau hasil tapi tidak mau proses. Mau kemuliaan tapi tidak mau pikul salib. Mau menerima tapi tidak mau memberi. Mau kemenangan tapi tidak mau perjuangan. Mau ditinggikan tapi tidak mau rendah hati. ITULAH MENTAL JALAN PINTAS !!

Jangan sampai kita terjebak untuk meraih apa yang kita inginkan secara instan sehingga kita mengambil jalan pintas. Kalau tidak berhati-hati, kita akan menghalalkan bahkan akan menjual "nama" dan mengorbankan karakter demi mewujudkan obsesi kita. Ingatlah kesuksesan yang diraih secara instan dan melalui jalan pintas biasanya tidak akan bertahan lama. Sebaliknya, kesuksesan, kepintaran, dan kemenangan yang diraih melalui serangkaian proses dan perjuangan, biasanya akan bertahan lama. Bagaimana dengan Anda ? Apakah selama ini kita lebih suka menggunakan jalan pintas demi mewujudkan tujuan kita, meski jalan pintas itu melanggar nilai-nilai kekristenan ?Jangan hanya fokus pada hasil saja, tapi hendaknya kita juga fokus terhadap proses dalam mencapai hasil tersebut.

"Tak ada kesuksesan yang bisa diraih melalui jalan pintas dan dengan cara instan." RFS-13/03/10

No comments:

Post a Comment