Friday, November 12, 2010

Purpose Life..

Kejadian 25:29-34

Apa tujuan hidupmu ?? Kalo pertanyaan itu ditanyakan ke kamu, kamu bakal jawab apa ??
Kadang ga semua orang bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Rata-rata juga akan menjawab secara normatif dan ga jelas seperti ingin melayani Tuhan, ingin menjadi orang sukses, ingin berguna bagi nusa dan bangsa, ingin masuk surga, dll. Jarang orang yang menjawab dengan jelas seperti ingin menjadi penulis, pengusaha tahu, gubernur, pendeta, dll. Nah, padahal kalo hidup ini ibarat satu perjalanan, jawaban normatif itu sama kayak kalo kita ditanya "Mau kemana ?" dan kita cuma jawab, "Mau ke Bandung." Padahal, Bandung luas banget dan ada banyak hal yang bisa dilakuin disana. Ya ga ??

Esau adalah contoh figur yang juga tahu apa tujuan hidupnya. Kalo baca kitab Kejadian, kita liat Esau ini adalah sosok yang hidupnya semau gue. Ia memang bekerja berburu binatang, tapi sering kali juga pulang tanpa membawa apa-apa, yang artinya di hutan dia cuma keluyuran aja. Dia juga menikah seenaknya dengan perempuan asing, dan dia gak menghargai hak kesulungannya. Esau enteng aja menjual haknya itu kepada Yakub demi sepiring makanan. Malah dalam ayat mas kita hari ini, dia bilang, "Sebentar lagi aku akan mati.." Wew, pesimis sekali Esau ini. Gak heran, karena ga berpikir panjang dan juga pesimis banget sama hidupnya, si Esau kelak jadi nyesel sendiri. Seandainya saja Esau memiliki tujuan hidup dan menggunakan hidupnya dengan bijaksana, tentu sejarah hidupnya akan bisa jauh berbeda.

Guys, tanpa sadar banyak diantara kita yang masih muda ini hidup seperti Esau. Kita hidup asal hidup dan gak tau apa yang ingin kita capai setidaknya setahun, lima tahun, atau sepuluh tahun kedepan. Tiap hari kita sekolah, kuliah, atau kerja, tiap minggu ibadah, tiap hari kita bangun beraktivitas dan tidur lagi, itu terus menerus kita lakukan tanpa sadar untuk apa kita hidup. Hidup ini indah dan penuh berkat Tuhan, jangan sia-siakan hidupmu cuma buat rutinitas. Hidupmu masih sangat panjang. Semua kemungkinan masih bisa terjadi dan segala macam pencapaian masih bisa kok kamu raih. Dan yang kamu perlu lakukan buat memilikinya adalah miliki tujuan hidup yang spesifik. Lalu berusahalah sekuat tenaga buat meraihnya. Dan jangan lupa, doakan selalu hidup dan proses meraih tujuan hidupmu itu agar sesuai sama kehendakNya dan stay positive !

"Kamu diciptakan oleh Tuhan dan untuk maksud Tuhan, sebelum kamu memahami hal ini, maka hidupmu akan selalu terasa nggak jelas." - Rick Warren - Pendeta, Penulis "Purpose Driven Life"

No comments:

Post a Comment