Saturday, February 20, 2010

Karakter (Daniel 12:1-13)

Karakter bukanlah bawaan lahir. Karakter tidak terbentuk dalam sekejap saat kita memutuskan jadi orang Kristen. Karakter juga bukan merupakan pemberian dari Tuhan. Karakter adalah proses yang terjadi terus-menerus. Karakter didapat melalui komitmen dan tekad yang kuat untuk mendisiplinkan diri dalam melakukan hal-hal yang benar. Karakter membuat kita memilih untuk melakukan yang benar saat diperhadapkan pada pilihan antara "apa yang ingin kita lakukan" dan "apa yang seharusnya kita lakukan".

Itulah yang membuat Tuhan lebih menghargai karakter daripada karunia. Mengapa ? Karunia adalah pemberian Tuhan, tanpa usaha dari kita, sedangkan karakter adalah bentuk ketaatan kita kepada perintah Tuhan. Karunia gratis, tapi karakter menuntut harga bayar yang mahal. Lihat saja bagaimana tokoh-tokoh Alkitab yang berkarakter seperti Yusuf, Musa, Daud, Daniel, dsb. Mereka tidak hebat dalam waktu sekejab, melainkan melalui proses pembentukan karakter yang sedemikian panjang.

Berkenaan dengan karakter, Helen Keller pernah berkata, "Ada harga yang harus dibayar untu menjadi orang yang berkarakter. Memiliki karakter yang baik seringkali mahal harganya, tapi sebenarnya orang yang tidak memiliki karakter akan membayar dengan harga yang lebih mahal sebab ia mengorbankan dan menghancurkan hidupnya sendiri."

Saya tercenung ketika mendengar apa yang dikatakan Helen Keller. Kalau hari ini kita harus membayar harga demi karakter seperti Yesus, itu harga bayar yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hancurnya hidup kita hanya karena tidak berani membayar harga untuk sebuah pembentukan karakter. Apakah hari ini karakter kita sedang dibentuk ? Jangan pernah memberontak, jangan ada komplain, jangan bersungut-sungut, sebaliknya responi itu dengan ucapan syukur karena itu baik bagi kita. Selamat mengalami pembentukan karakter !

-God Bless- ^^,

No comments:

Post a Comment